Kelebihan Dan Kekurangan Teh

Bila dilihat dari populernya minuman yang satu ini, pastinya banyak orang yang menggemarinya. Selain rasanya enak, teh juga memiliki banyak sekali manfaat. Seperti melindungi tubuh dari radikal bebas. Apalagi untuk yang beraktivitas diluar ruangan, yang sering terkena debu dan polusi dari kendaraan bermotor atau sebagainya, sangat dianjurkan untuk sering meminum teh. Karena teh merupakan asupan praktis antioksidan tinggi. Karena mengandung polyfenol, 100x lebih banyak ketimbang vitamin C.

Selain polifenol, teh juga mengandung fluoride, quercetin, kaempfrol, myricetin. Teh juga banyak macamnya, mulai dari teh hijau, teh hitam, teh putih, teh olong,

Berikut manfaat masing-masing teh:

  • Teh hijau, dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi, melindungi lever, mencegah hepatitis, menurunkan resiko stroke, mencegah penyakit kanker, mengendalikan tumor, menurunkan berat badan, membantu mencegah penyebaran HIV, memperlambat penuaan, mengurangi resiko rheumatic, mencegah osteoporosis, melindungi otak dari kekurangan oksigen.
  • Teh hitam, mengandung theaflavin, bila diminum 1-2 cangkir dapat mencegah penimbunan kolesterol pada pembuluh darah 40% , meningkatkan daya tahan, mencegah gigi berlubang, sebagai antibiotik, mempercepat hilangnya alkohol dan zat lain yang berbahaya.
  • Teh putih, ternyata tidak kalah dari teh hijau yang dapat menurunkan berat badan, teh putih juga dapat membantu menurunkan berat badan.mencegah masalah kulit, Selain itu teh putih ini juga lebih mujarab dibandingkan teh hijau dan teh hitam.
  • Teh olong, mengandung polifenol, theanin, mineral, dan alkaloid dalam teh ini sangat berperan penting bagi kesehatan. Dalam penelitian gabungan sari Jepang, Taiwan dan Amerika Serikat menemukan bahwa teh ini efektif menurunkan tingkat plasma glukosa pasien diabetes tingkat 2.

Meskipun teh memiliki banyak manfaat namun teh juga memiliki kekurangan yaitu :

  • Jangan diminum lebih dari 24 jam, sebab dapat mengakibatkan diare.
  • Wanita hamil dan menyusui harus membatasi minum teh.
  • Bila berlebihan dapat menyebabkan anemia, gangguan ginjal (bahkan dapat merusak fungsi ginjal).
  • Lemah syaraf dan insomnia.
  • Teh juga tidak terlalu baik untuk anak-anak karena dapat menurunkan nafsu makan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: